DO THE BEST BEFORE TO BECOME INSANE

Jumat, 27 Agustus 2010

Peranan Arsitektur peninggalan colonial bagi sejarah

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.”

Terdapat 4 unsur dalam pembentukan sejarah. Manusia, waktu, peristiwa, dan tempat. Dalam ke empat unsur tadi membentuk sebuah informasi yang berkesinambungan untuk keberlanjutan sebuah sejarah.  Seperti yang kita tau, kita tidak akan dapat mengetahui peristiwa apa saja yang terjadi apabila kita tidak dapat berjumpa dengan orang yang telah mengalami peristiwa tersebut. Dalam hal ini manusia tidak selamanya akan hidup, begitu pula peristiwa dan waktu yang hanya sekali terjadi dan tak akan berputar kembali. Hanya tempat yang bertahan menjadi saksi bagi sejarah. Hanya tempat yang tetap tinggal dan dijadikan wadah persinggahan waktu.
Arsitektur hadir sebagai bagian dari tempat, sebagai salah satu unsur pembentuk sejarah. Arsitektur merupakan penanda dan informasi yang memberikan identitas bagi sebuah tempat. Ia lantas memiliki peran yang signifikan bagi keberlanjutan sejarah dalam memori generasi berikutnya.
Bangsa ini tampaknya makin kehilangan penghargaannya terhadap arti sejarah. Sebagai contoh, kota malang yang kita kenal dengan banyak peninggalan-peninggalan bangunan bersejarahnya kini berubah menjadi bangunan-bangunan megah demi sebuah factor ekonomi dan bisnis dengan mengorbankan factor kesejarahan.  Namun kita masih dapat melihat beberapa bangunan peninggalan sejarah yang masih utuh meskipun dengan kondisi yang apa adanya dan kurang terawat.
 
Diakui atau tidak, masa kolonial Belanda sedikit banyak telah memberi pengaruh positif dalam perkembangan arsitektur kota ini. Jejak-jejak arsitektur kolonial terasa lebih banyak memberikan warna yang khas bagi kota Malang hingga saat ini. Karakteristiknya yang kuat menjadikan arsitektur kolonial sebagai simbol yang sangat dikenal. Kekuatan karakteristik yang ditampilkan oleh obyek-obyek arsitektur kolonial itu memang telah benar-benar mempercantik wajah kota kita. Kenyataan ini mestinya dapat menggugah usaha kita untuk tetap mempertahankannya. Jika tidak, mungkin inilah saatnya membuktikan kebenaran pepatah yang mengatakan bahwa sesuatu yang benar-benar indah akan dapat bertahan dengan sendirinya.



0 komentar:

Posting Komentar